Sanguinis-Phlegmatis-Koleris-Melankolis

					==============

TERNYATA, ada empat watak utama yang dimiliki manusia. Dan yang pertama kali menemukannya
adalah Hippocrates pada 400 tahun SM! Sampai sekarang, keempat watak ini tetap ditemukan. Juga
watak perpaduan antara keempatnya. Lalu apa yang membuat diri anda begitu istimewa?

Banyak hal. Temukan betapa hebat dan kreatif Tuhan membuat Anda dalam Kepribadian Plus.

Dari sini Anda akan mengetahui apakah Anda :
> Seorang Sanguinis yang spontan, lincah, dan periang
> Seorang Melankolis yang penuh pikiran, setia, tekun
> Seorang Koleris yang suka petualangan, persuasif, percaya diri
> Seorang Phlegmatis yang ramah, sabar, puas
atau perpaduan dari sifat-sifat di atas.

Anda juga akan mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menggunakan aset anugerah Tuhan yang
unik ini untuk mendatangkan keserasian dalam semua hubungan Anda. Florence Littauer menjelaskan
: ”Setelah kita tahu siapa diri kita dan mengapa kita bertindak dengan cara seperti yang kita lakukan,
kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita, dan belajar menyesuaikan diri
dengan orang lain.”

Begitu Anda memahami bagaimana cara mengeluarkan apa yang terbaik dari diri Anda, Anda akan
mendapatkan bahwa orang lain juga kelihatan lebih baik. Temukanlah orang yang selalu Anda
inginkan untuk menjadi Kepribadian Plus.




Tidak Ada Dua Orang yang Sama

Kalau kita semua seperti telur yang identik dalam sebuah karton, seekor ayam betina raksasa bisa
menghangatkan kita dan mengubah kita menjadi anak ayam yang manis/ ayam jago yang gagah
dalam sekejap mata, tetapi kita semua berbeda. Kita semua dilahirkan dengan rangkaian kekuatan
dan kelemahan kita sendiri, dan tidak ada rumus ajaib yang bisa bekerja seperti mukjizat bagi kita
semua. Sebelum kita mengenal keunikan kita, kita tidak bisa memahami bagaimana orang bisa duduk
dalam seminar yang sama dengan pembicara yang sama dalam jumlah waktu yang sama pula dan
semuanya mencapai tingkat sukses yang berbeda-beda.

Kepribadian Plus melihat kepada diri kita masing-masing sebagai individu yang merupakan campuran
dari empat watak dasar dan mendorong kita untuk mengenal saya yang sesungguhnya dari dalam
sebelum berusaha mengubah apa yang tampak pada permukaan.




Kepribadian Sanguinis "Populer" ( Ekstrovert – Membicara – Optimis )

1. Kekuatan Emosi Sanguinis Populer
Kepribadian yang menarik, suka berbicara, Menghidupkan pesta, Rasa humor yang hebat, Ingatan
kuat untuk warna, Secara fisik memukau pendengar, Emosional dan demonstratif, Antusias dan
ekspresif, Periang dan penuh semangat, Penuh rasa ingin tahu, Baik di panggung, Lugu dan polos,
Hidup di masa sekarang, Mudah diubah, Berhati tulus, Selalu kekanak-kanakan.
2. Sanguinis Populer di Pekerjaan
Sukarelawan untuk tugas, Memikirkan kegiatan baru, Tampak hebat di permukaan, Kreatif dan
inovatif, Punya energi dan antusiasme, Mulai dengan cara cemerlang, Mengilhami orang lain untuk
ikut, Mempesona orang lain untuk bekerja

3. Sanguinis Populer Sebagai Teman
Mudah berteman, Mencintai orang, Suka dipuji, Tampak menyenangkan, Dicemburui orang lain,
Bukan pendendam, Cepat minta maaf, Mencegah saat membosankan, Suka kegiatan spontan.

4. Sanguinis Populer Sebagai Orang Tua
Membuat rumah menyenangkan, Disukai teman anak-anak, Mengubah bencana, menjadi humor,
Merupakan pemimpin sirkus




Kepribadian Melankolis "Sempurna" ( Introvert – Pemikir – Pesimis )

1. Emosi Melankolis Sempurna
Mendalam dan penuh pikiran, Analitis, Serius dan tekun, Cenderung jenius, Berbakat dan kreatif,
Artistik atau musical, Filosofis dan puitis, Menghargai keindahan, Perasa terhadap orang lain, Suka
berkorban, Penuh kesadaran, Idealis

2. Melankolis Sempurna di Pekerjaan
Berorientasi jadwal, Perfeksionis, standar tinggi, Sadar perincian, Gigih dan cermat, Tertib dan
terorganisasi, Teratur dan rapi, Ekonomis, Melihat masalah. Mendapat pemecahan kreatif, Perlu
menyelesaikan apa yang dimulai, Suka diagram, grafik, bagan, daftar

3. Melankolis Sempurna Sebagai Teman
Hati-hati dalam berteman, Puas tinggal di latar belakang, Menghindari perhatian, Setia dan berbakti,
Mau mendengarkan keluhan, Bisa memecahkan masalah orang lain, Sangat memperhatikan orang
lain, Terharu oleh air mata penuh belas kasihan, Mencari teman hidup ideal.

4. Melankolis Sempurna Sebagai Orang Tua
Menetapkan standar tinggi, Ingin segalanya dilakukan dengan benar, Menjaga rumah selalu rapi,
Merapikan barang anak-anak, Mengorbankan keinginan sendiri untuk yang lain, Mendorong intelegensi
dan bakat.




Kepribadian Koleris "Kuat" ( Ekstrovert – Pelaku – Optimis )

1. Emosi Koleris Kuat
Berbakat pemimpin, Dinamis dan aktif, Sangat memerlukan perubahan, Harus memperbaiki
kesalahan, Berkemauan kuat dan tegas, Tidak emosional bertindak, Tidak mudah patah semangat,
Bebas dan mandiri, Memancarkan keyakinan, Bisa menjalankan apa saja.

2. Koleris Kuat di Pekerjaan
Berorientasi target, Melihat seluruh gambaran, Terorganisasi dengan baik, Mencari pemecahan
praktis, Bergerak cepat untuk bertindak, Mendelegasikan pekerjaan, Menekankan pada hasil,
Membuat target, Merangsang kegiatan, Berkembang karena saingan.
3. Koleris Kuat Sebagai Teman
Tidak terlalu perlu teman, Mau bekerja untuk kegiatan, Mau memimpin dan mengorganisasi, Biasanya
selalu benar, Unggul dalam keadaan darurat.

4. Koleris Kuat Sebagai Orang Tua
Memberikan kepemimpinan kuat. Menetapkan tujuan, Memotivasi keluarga untuk kelompok, Tahu
jawaban yang benar, Mengorganisasi rumah tangga.




Kepribadian Phlegmatis "Damai" ( Introvert – Pengamat - Pesimis )

1. Emosi Phlegmatis Damai
Kepribadian rendah hati, Mudah bergaul dan santai, Diam, tenang, dan mampu, Sabar, baik
keseimbangannya, Hidup konsisten, Tenang tetapi cerdas, Simpatik dan baik hati, Menyembunyikan
emosi, Bahagia menerima kehidupan, Serba guna

2. Phlegmatis Damai di Pekerjaan
Cakap dan mantap, Damai dan mudah sepakat, Punya kemampuan administratif, Menjadi penengah
masalah, Menghindari konflik, Baik di bawah tekanan, Menemukan cara yang mudah.

3. Phlegmatis Damai Sebagai Teman
Mudah diajak bergaul, Menyenangkan, Tidak suka menyinggung, Pendengar yang baik, Selera humor
yang menggigit, Suka mengawasi orang, Punya banyak teman, Punya belas kasihan dan perhatian

4. Phlegmatis Damai Sebagai Orang Tua
Menjadi orang tua yang baik, Menyediakan watku bagi anak-anak, Tidak tergesa-gesa, Bisa
mengambil yang baik dari yang buruk, Tidak mudah marah.

Demikian 4 karakter dasar yang telah ditemukan oleh Hipocrates 400 tahun SM, dengan harapan anda
yang telah membaca artikel ini dan memahaminya anda dapat mengetahui karakter anda dan anda
dapat mengerti karakter orang-orang terdekat anda (teman, keluarga, pacar, dll) sehingga anda
dapat menyesuaikan diri dan anda tahu bagaimana cara menghadapi tipikal dari 4 karakter yang
berbeda tersebut dengan cara yang berbeda-beda pula.
Perbedaan 4 Tipe Kepribadian
Setiap individu memiliki empat tipe kepribadian dalam dirinya, namun salah satunya akan
menjadi dominan. Setiap imdividu juga harus mampu menempatkan diri, mis:kapan harus
menjadi orang yang menyenangkan ataukah kapan menjadi tipe pendengar yang baik. Nah,
menurut kutipan dari yahoo.co.id berikut perbedaan 4 tipe kepribadian:
* Si gesit
Karakternya memiliki mood yang seringkali berubah. Orang dengan tipe kepribadian ini
cenderung lebih senang menyampaikan apa yang ada di pikirannya dan tak suka
menyimpan masalah atau sesuatu. Soal pekerjaan, orang dengan tipe ini selalu ingin
berpindah-pindah karena karakternya yang suka eksplorasi. Namun seringkali,
eksplorasinya tak diselesaikan dan kembali berpindah.
Si gesit tak suka menunda, cepat bosan, dan tak tahan dengan pekerjaan yang sifatnya
statis. Karena memiliki kepribadian ekstrover, si gesit cenderung ceplas-ceplos saat bicara,
lebih sering berbicara daripada berpikir.


“Seringkali ia salah bicara karena tak dipikirkan matang sebelumnya,” jelas Erwin, sambil
menambahkan bahwa tipe ini cenderung energik, selalu ingin terdepan jika bicara tren,
pemaaf, dan cenderung pelupa. “Ia mudah memaafkan karena pada dasarnya ia mudah
lupa. Jadi ia takkan ingat jika Anda pernah melakukan kesalahan kecil, misalnya,”
tambahnya.


* Si rinci
Ia selalu penuh perhitungan, setiap langkah dan keputusan yang akan dibuatkan dipikirkan
dengan seksama. Kecenderungannya, ia akan berpikir lebih banyak daripada bertindak
karena memiliki kepribadian yang perfeksionis. Si rinci merasa perlu menyusun segalanya
dengan baik, benar, teratur, rapi, rinci, dan detail. Karenanya, ia tak pernah melewatkan
jadwal yang sudah disusunnya. Ritual pagi hari misalnya, sebut Erwin, tak boleh ada yang
terlewati. Berapa lama waktu mandi, merapikan diri, bahkan pakaian apa yang ingin
dikenakan sudah diaturnya untuk seminggu misalnya.
“Orang dengan tipe ini selalu harus in order. Saat harus bergerak ia akan berpikir lama, bisa
didahului oleh si gesit. Karenanya, setiap kepribadian harus diseimbangkan agar
kesempatan tak hilang,” jelas Erwin.
* Si kuat
Tipe kepribadian yang kuat tak suka basa-basi, dan cenderung bicara apa adanya. Tipe ini
selalu mengejar tujuan apapun yang terjadi. Meski harus melewati berbagai cara, ia akan
melakukannya untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini dilakukannya karena si kuat lebih
menyintai hasil daripada proses. Beda dengan si gesit yang lebih menyintai proses. Si kuat
tak banyak bicara panjang lebar, ia hanya bicara seadanya. “Wajahnya lempeng,” kata
Erwin, menggambarkan karakter si kuat.
* Si damai
Tipe ini cenderung santai, mengalir apa adanya, tak suka melakukan sesuatu yang di luar
kebiasaannya. “Nggak neko-neko,” begitu kata Erwin. Namun kecenderungannya, orang
tipe ini seringkali dimanfaatkan teman-temannya. Di sisi lain, si damai lebih berjiwa besar
dibandingkan tipe kepribadian lainnya. Ia tidak egois dan selalu menjadi pendengar yang
baik bagi teman-temannya. “Si damai sering dijadikan teman curhat,” jelas Erwin.
Anda bisa menjadi si kuat, si damai, si rinci, atau si gesit sekaligus, atau hanya salah satu
atau dua di antaranya. Apapun itu, yang terpenting adalah Anda bisa melengkapi berbagai
tipe kepribadian agar seimbang dan lebih matang. Pertanyaannya kemudian adalah apakah
Anda mau menjadi pribadi matang? Mau menyeimbangkan kepribadian, dengan memotivasi
diri menggali potensi, dan mengembangkan kepribadian positif yang dimiliki atau belum ada
dalam diri?
Manusia itu unik karena sifatnya yang dinamis dan memiliki banyak warna kepribadian. Orang
sering membahas tentang kepribadian-kepribadian seseorang seperti contoh berikut:
x: Eh, orang itu rajin banget ya?
y: Iya, saking rajinnya sampe doyan telat.
——————————————————
a: Menurut kamu, aku seperti apa?
b: nyebelin.
a: iiih,,gak kok, jahat kamu!
b: tuh kan nyebelin
—————————————————-
Apa sih kepribadian itu sebenarnya? Wikipedia memiliki pengertian berikut :
Kepribadian adalah keseluruhan cara di mana seorang individu bereaksi dan berinteraksi
dengan individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa
diukur yang ditunjukkan oleh seseorang.
Oke, dari pengertian di atas, ada 4 tipe kepribadian yang ada. Di antaranya:
1. Sanguinis
Kepribadian yang menarik, Suka bicara, Menghidupkan pesta, Rasa humor yang hebat, Ingatan
kuat untuk warna, Memukau pendengar, Emosional dan demonstratif, Antusias dan ekspresif,
Periang dan penuh semangat, Penuh rasa ingin tahu, Baik di panggung, Lugu dan polos, Hidup
di masa sekarang, Mudah diubah, Tulus, Kekanak-kanakan.
Dari sumber lain menyebutkan bahwa sanguinis suka mencari perhatian, sorotan, kasih sayang,
dukungan, dan penerimaan orang-orang di sekelilingnya. Orang bertipe sanguin suka memulai
percakapan dan menjadi sahabat bagi semua orang. Orang tipe ini biasanya optimis dan selalu
menyenangkan. Namun, ia tidak teratur, emosional, dan sangat sensitif terhadap apa yang
dikatakan orang terhadap dirinya. Dalam pergaulan, orang sanguin sering dikenal sebagai “ si
tukang bicara”
2. Melankolis
Mendalam dan penuh pikiran, Analitis, Serius dan tekun, Cenderung jenius, Berbakat dan
kreatif, Artistik atau musikal, Filosofis dan puitis, Menghargai keindahan, Perasa terhadap
orang lain, Suka berkorban, Penuh kesadaran, Idealis. Orang bertipe melankolis berorientasi
pada tugas, sangat berhati-hati, perfeksionis, dan suka keteraturan. Karenanya, orang
melanklolis sering kecewa dan depresi jika apa yang diharapkannya tidak sempurna. Orang
melankolis sering diidentifikasi sebagai “si perfeksionis” atau “si pemikir”.
3. Koleris
Berbakat memimpin, Dinamis dan aktif, Sangat memerlukan perubahan, Harus memperbaiki
kesalahan, Berkemauan kuat dan tegas, Tidak emosional bertindak, Tidak mudah patah
semangat, Bebas dan mandiri, Memancarkan keyakinan, Bisa menjalankan apa saja. Orang
bertipe koleris menuntut loyalitas dan penghargaan dari sesama, berusaha mengendalikan dan
mengharapkan pengakuan atas prestasinya, serta suka ditantang dan mau menerima tugas-
tugas sulit. Tapi mereka juga suka merasa benar sendiri, suka kecanduan jika melakukan
sesuatu, keras kepala, dan tidak peka terhadap perasaan orang lain. Orang koleris seperti ini
sering diidentifikasi sebagai “si pelaksana”
4.Phlegmatis
Kepribadian rendah hati, Mudah bergaul dan santai, Diam, tenang dan mampu, Sabar, baik
keseimbangannya, Hidup konsisten, Tenang tetapi cerdas, Simpatik dan baik hati,
Menyembunyikan emosi, Bahagia menerima kehidupan, Serba guna. Orang bertipe ini kurang
disiplin dan motivasi sehingga suka menunda-nunda sesuatu. Kadang, ia dipandang orang lain
sebagai lamban. Bukannya karena ia kurang cerdas, tapi justru karena ia lebih cerdas dari yang
lain. Orang phlegmatis tak suka keramaian ataupun banyak bicara. Namun, ia banyak akal dan
bisa mengucapkan kata yang tepat di saat yang tepat, sehingga cocok menjadi negosiator.
Orang phlegmatis kadang diidentifikasi sebagai “si pengamat” atau “si manis”
Dari keempat tipe di atas, kalian masuk kepribadian yang mana? Tentu yang bisa menentukan
adalah diri kita sendiri, kemampuan menilai diri sendiri itu perlu lho sebagai tolak ukur kita
bertindak dan bersikap. Jadi alangkah bijaknya jika sebelum menilai orang, kita terlebih dahulu
menilai bagaimana kepribadian kita, kelebihan dan kekurangan kita. Setelah itu kita ambil sisi
lain dari pendapat orang lain tentang kita karena adakalanya pendapat orang lain lebih objektif
daripada pendapat kita sendiri.
Jadi, apapun tipe kepribadianmu, berusahalah untuk memberikan manfaat kepada orang-orang
disekitar kita
MENGENAL TIPE KEPRIBADIAN
Apa yang membuat diri anda begitu istimewa ?
Setiap orang menginginkan kepribadian yang lebih baik. Kita semua dilahirkan dengan ciri khas watak kita sendiri.
Setelah kita tahu siapa diri kita maka kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita dan belajar
menyesuaikan diri dengan orang lain. Begitu anda memahami bagaimana cara mengeluarkan apa yang terbaik dari
diri Anda maka Anda akan mendapatkan bahwa orang lain juga kelihatan lebih baik.
Untuk memahami sifat dasar kita, perlu diketahui pengelompokan kepribadian atau watak yang mula - mula
ditetapkan oleh Hippocrates. Antara lain :
1. Tipe Kepribadian Sanguinis
Tipe ini paling baik dalam hal berurusan dengan orang lain secara antusias; menyatakan pemikiran dengan penuh
gairah; memperlihatkan perhatian. Kelemahan tipe ini adalah berbicara terlalu banyak; mementingkan diri sendiri;
sulit berkonsentrasi; kurang disiplin.
2. Tipe Kepribadian Melankolis
Tipe ini paling baik dalam hal mengurus perincian dan pemikiran secara mendalam, memelihara catatan, bagan dan
grafik; menganalisis masyarakat yang terlalu sulit bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah mudah tertekan;
menunda - nunda suatu pekerjaan; mempunyai citra diri yang rendah; mengajukan tuntutan yang tidak realistis pada
orang lain.
3. Tipe Kepribadian Koleris
Tipe ini paling baik dalam hal pekerjaan yang memerlukan keputusan cepat; persoalan yang memerlukan tindakan
dan pencapaian seketika; bidang-bidang yang menuntut kontrol dan wewenang yang kuat. Kelemahan tipe ini adalah
tidak tahu bagaimana cara menangani orang lain; sulit mengakui kesalahan; sulit bersikap sabar; terlalu pekerja
keras.
4. Tipe Kepribadian Phlegmatis
Tipe ini paling baik dalam posisi penengahan dan persatuan; badai yang perlu diredakan; rutinitas yang terus
membosankan bagi orang lain. Kelemahan tipe ini adalah kurang antusias; malas; tidak berpendirian; sering
mengalami perasaan sangat khawatir, sedih dan gelisah.
Setelah kita mulai memahami perbedaan-perbedaan dalam watak dasar kita, hal itu menyingkirkan tekanan dari
hubungan antar manusia. Kita bisa saling melihat kepada perbedaan lainnya dengan cara yang positif dan tidak
berusaha membuat setiap orang jadi seperti kita.
Cara-cara untuk menyesuaikan diri dengan tipe :
1. Tipe Sanguinis
-Jangan mengharapkan mereka mengingat janji pertemuan/tepat pada waktunya.
-Sadarilah mereka bicara tanpa berpikir lebih dulu.
-Sadarilah bahwa mereka bermaksud baik.
-Terimalah kenyataan bahwa mereka mendapat kesenangan dari apa yang akan memalukan orang lain.
2.Tipe Melankolis
-Ketahuilah bahwa mereka sangat perasa dan mudah sakit hati.
-Sadarilah bahwa mereka diprogram dengan sikap pesimistis.
-Pujilah mereka dengan tulus dan penuh kasih sayang.
-Terimalah kenyataan bahwa kadang-kadang mereka menyukai kesunyian.
3.Tipe Koleris
-Akuilah bahwa mereka berbakat memimpin.
-Ketahuilah bahwa mereka tidak bermaksud menyakiti. Sadarilah bahwa mereka tidak penuh belas kasihan.
-Ketahuilah bahwa mereka selalu benar.
4.Tipe Plegmatis
-Sadarilah mereka memerlukan motivasi langsung.
-Bantulah mereka menetapkan tujuan.
-Jangan mengharapkan antusiasme.
-Doronglah mereka untuk menerimatanggungjawab.
Kita akan bersenang-senang dengan orang Sanguinis, yang mengeluarkan antusiasme. Kita akan semis dengan
orang Melankolis, yang berusaha mengejar kesempurnaan dalam segala hal. Kita akan maju ke depan bersama
orang Koleris, yang dilahirkan dengan bakat pemimpin. Kita akan rileks dengan orang Phlegmatis, yang dengan
bahagia menerima kehidupan. Seseorang mungkin saja tidak mumi memiliki 1 tipe tertentu, tetapi gabungan antara
beberapa tipe namun tetap memiliki sebagian besar/kecenderungan pada 1 tipe tertentu.
Ada 6 tipe kepribadian yang dikaitkan dengan pekerjaan, antara lain :
1. Tipe Realistik
Orang yang menyukai aktivitas di luar ruangan. Mereka sering menganggap tidak begitu penting bersosialisasi dan
lebih suka bekerja sendiri. Jika harus bekerja dalam tim, ia lebih suka dengan orang yang setipe. Orang ini tidak suka
bergosip dan hanya berkonsentrasi pada tugasnya. Tipe ini tidak pernah melimpahkan pekerjaannya pada orang lain.
2. Tipe Investigatif
Orang selalu tertarik pada gagasan dan ide-ide. la merasa membuang waktu dengan masalah yang melibatkan
emosi. Tipe ini sering berkonflik dengan orang yang biasa bergosip.
3. Tipe Artistik
Orang yang senang dengan ide-ide dan materi untuk diekspresikan dengan cara yang unik. Tipe ini sangat
menghargai kebebasan. Sayangnya, tipe ini rentan jadi santapan gosip karena caranya yang unik dan sering
menimbulkan interpretasi yang biasa.
4. Tipe Sosial
Orang yang berorientasi untuk dan dengan orang lain. Tipe ini cenderung mempunyai orientasi untuk menolong,
memelihara dan mengembangkan orang lain. Karena kepekaan dan kepeduliannya, orang ini seorang mengurus hal-
hal yang terlalu pribadi. Bila tidak diimbangi dengan kematangan, ia mudah tergelincir untuk menjadi penggosip.
5. Tipe Wiraswasta
Orang yang lebih berorientasi pada ‘orang’ daripada gagasan. la mendominasi orang lain untuk mencapai tujuannya.
la pintar mengatur kerja orang lain, mempersuasi orang dan bernegosiasi. Kemampuan bicaranya sangat diperlukan,
biasanya ia menunjukkan sifat bossy dan pemarah di lingkungan kerjanya.
6. Tipe Konvensional
Orang ini biasanya berfungsi paling baik dalam lingkungan dan pekerjaan yang terstruktur dengan baik serta
memerlukan keletihan. la biasanya tidak suka bekerja dengan ide-ide dan orang lain.
Setelah mengetahui tipe dan karakteristik kita dan teman sekerja, kita akan memiliki kiat dalam menghadapi teman
kerja yang mempunyai sifat-sifat kurang menyenangkan, yaitu:
1. Menghadapi si penggosip, sebaiknya kita jangan terpancing dengan memberikan reaksi yang sama. Justru
tonjolkan sifat tipe investigatif/realistik kita sehingga ia merasa sia-sia bergosip, karena kita lebih memfokuskan
perhatian pada pekerja.
2. Menghadapi si pemalas, jika tidak termasuk pada tipe kepribadian sosial hubungan ini akan saling melengkapi.
Namun, bila kita bukan tipe ini hendaknya ekspresikan secara terbuka. Usahakan lebih asertif mengenai keberatan
kita terhadap sifatnya dengan cara yang tidak menyinggungnya.
3. Menghadapi si bossy, padahal ia bukan atasan kita. Ini mungkin paling menyebalkan. Orang dengan sifat ini
biasanya kurang memiliki quality feeling. Kita sedapat mungkin menyentuh aspek afektuhya, Dekati secara individu
dan nyatakan bahwa dia sebenarnya teman yang sangat menyenangkan bila diiringi perilaku saling membantu.
4. Menghadapi si pemarah. la sangat perfect, menuntut orang sesempuma mungkin saling mudah kecewa dan
frustasi. Marah adalah salah, emosi jika sedang meluap. Percuma Anda mendebatnya, walaupun Anda dalam posisi
benar. Tunggu hingga ia benar-benar dalam keadaan stabil, lalu nyatakan pendapat Anda. Bila memungkinkan,
evaluasi kejadian tersebut sehingga timbul in sight. Bila perlu sarankan dia untuk mengikuti training manajemen stres
yang sedang populer.
LK3 “Mitra Remaja” Bojonegoro memanfaatkan tipe-tipe kepribadian tersebut ke dalam suatu pelatihan
kepemimpinan (outbond), yaitu suatu bentuk permainan (belajar sambil bermain) untuk melatih anak menjadi
pemimpin. Yang mana fungsi kepemimpinan antara lain: sebagai pengambil keputusan, manager, penanggung
jawab, dan lain-lain. Dalam outbond ditampilkan sifat asli diri sendiri dan kebersamaan serta memiliki kreativitas dan
motivasi. Untuk itu dengan mempelajari dan memahami tipe-tipe kepribadian akan dapat menumbuhkan bakat
kepemimpinan.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tipe-tipe kepribadian sangat penting manfaatnya dalam
berbagai macam situasi. Diantaranya:
• Kita dapat lebih memahami orang lain dan mempelajari sejumlah alternatif dalam pola perilaku kita sendiri. Kita
dapat mulai memandang kehidupan dari sudut pandang yang lebih luas.
• Sebagai sarana penting untuk mengembangkan hubungan dengan keluarga, teman dan mitra kerja.
Oleh karena itu, marilah kita mulai belajar untuk saling memahami kepribadian - kepribadian yang berbeda, sehingga
kita akan senang bisa mengenali pola kepribadian seseorang dan dapat membantu kita dalam hubungan dengan
orang lain serta dalam mengantisipasi reaksi orang lain, serta belajar bagaimana caranya menerima bahkan
menikmati ciri khas yang membuat kita masing-masing begitu berbeda. Dengan demikian diri kita akan mudah untuk
memaafkan dan menerima orang lain apa adanya.
4 Tipe Kepribadian (Bag. I)
February 24, 2004 by antz
Filed under Relationship
                                                                                                      2 Comments
                                                                                                   Popularity: 6%
Dalam buku Personality Plus (Florence Littauer) dipaparkan tentang 4 macam kepribadian; Kholeris, Melankolis,
Phlegmatis dan Sanguinis. Konon 4 tipe kepribadian ini pula yang mendasari karakter tokoh-tokoh dalam F-4 (Meteor
Garden), serial TV yang sempat booming beberapa waktu lalu. Biasanya seseorang merupakan gabungan dari
beberapa kepribadian, misalnya Melankolis-Kholeris, yang artinya dominan Melankolis dan sedikit Kholeris. Tapi bila
kamu hanya mempunyai satu tipe yang dominan misalnya Sanguinis saja, berarti tipemu adalah Sanguinis sejati.


Biasanya seseorang merupakan gabungan dari beberapa kepribadian, misalnya Melankolis-Kholeris, yang artinya
dominan Melankolis dan sedikit Kholeris. Tapi bila kamu hanya mempunyai satu tipe yang dominan misalnya
Sanguinis saja, berarti tipemu adalah Sanguinis sejati.
Setelah tahu tentang kekuatan dan kelemahan pribadimu, kamu dapat lebih mengembangkan kekuatanmu dan
mengurangi kelemahanmu. Ingat tiap pribadi adalah UNIK, Allah selalu punya rencana atas tiap pribadi.
Berkembanglah, dan jadilah pribadi yang disukai Allah. Untuk merubah diri kita harus menyerahkan diri kita pada
Allah untuk diubahkan menurut rencana-Nya. Mau diajar, rendah hati seperti bejana tanah liat yang dibentuk oleh-
Nya. Selamat bertumbuh di dalam Allah.
KHOLERIS
                                                     EMOSI

                              KEKUATAN                                   KELEMAHAN

                           Berbakat pemimpin                          Suka memerintah

                            Dinamis dan aktif                             Tidak sabar

                 Sangat memerlukan perubahan                             Cepat marah

                   Harus mengoreksi kesalahan                          Tidak bisa santai

                   Berkemauan keras dan pasti                          Terlalu bergairah

                            Tidak emosional               Menyukai kontroversi dan pertengkaran

                  Tidak mudah patah semangat                  Tidak mau menyerah kalau kalah

                           Bebas dan mandiri                                  Kaku

                  Mengesampingkan keyakinan                           Tidak mau memuji

                    Bisa menjalankan apa saja                           Tidak simpatik
 Tidak menyukai air mata dan emosi                  Terlalu kuat

                                    KERJA

             KEKUATAN                               KELEMAHAN

         Berorientasi tujuan           Sedikit toleransi terhadap kesalahan

     Melihat seluruh gambaran               Tidak menganalisis perincian

            Serba teratur                      Bosan oleh hal sepele

     Mencari pemecahan praktis          Tergesa-gesa membuat keputusan

   Bergerak cepat untuk bertindak            Bisa kasar atau tidak taktis

     Mendelegasikan pekerjaan                 Memanipulasi orang lain

     Wawasan tentang produksi                   Menuntut orang lain

          Membuat tujuan                     Tujuan menghalalkan cara

        Merangsang kegiatan                 Kerja bisa menjadi tuhannya

    Terdorong oleh penentangan              Menuntut loyalitas bawahan

                               TEMAN–TEMAN

             KEKUATAN                               KELEMAHAN

  Tidak begitu memerlukan teman         Cenderung memperalat orang lain

Mau bekerja untuk kegiatan kelompok           Mendominasi orang lain

Mau memimpin dan mengorganisasi             Memutuskan untuk orang lain

           Biasanya benar              Ingin menguasai kawan dan pasangan

   Unggul dalam keadaan darurat                Tidak bisa minta maaf

 Bisa melakukan segalanya lebih baik   Mungkin benar, tetapi tidak populer
4 tipe kepribadian dalam dunia psikologis - Thread Not Solved Yet

Dlm dunia psikologi, dikenal yg namanya 4 tipe kepribadian: Sanguinis, Melankolis, Koleris
& Plegmatis, atau ada jg yg langsung mengkategorikannya sesuai dgn sifat dominan
masing2 tipe, yaitu: Sanguinis Populer, Melankolis Sempurna, Koleris Kuat & Plegmatis
Damai. nah trus saya & anda termasuk yg mana? sok atuh disimak yg berikut ini

KOLERIS pada umumnya mempunyai:
KEKUATAN:
* Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif
* Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan
* Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target
* Bebas dan mandiri
* Berani menghadapi tantangan dan masalah
* "Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini".
* Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat
* Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas
* Membuat dan menentukan tujuan
* Terdorong oleh tantangan dan tantangan
* Tidak begitu perlu teman
* Mau memimpin dan mengorganisasi
* Biasanya benar dan punya visi ke depan
* Unggul dalam keadaan darurat

KELEMAHAN:
* Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis)
* Senang memerintah
* Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai
* Menyukai kontroversi dan pertengkaran
* Terlalu kaku dan kuat/ keras
* Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik
* Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci
* Sering membuat keputusan tergesa-gesa
* Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain
* Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan
* Workaholics (kerja adalah "tuhan"-nya)
* Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf
* Mungkin selalu benar tetapi tidak populer

kalau MELANKOLIS:
KEKUATAN:
* Analitis, mendalam, dan penuh pikiran
* Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal
* Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis)
* Sensitif
* Mau mengorbankan diri dan idealis
* Standar tinggi dan perfeksionis
* Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi)
* Hemat
* Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif)
* Kalau sudah mulai, dituntaskan.
* Berteman dengan hati-hati.
* Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
* Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi
* Sangat memperhatikan orang lain

KELEMAHAN:
* Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan)
* Mengingat yang negatif & pendendam
* Mudah merasa bersalah dan memiliki Citra diri rendah
* Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan
* Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah
* Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan (if..if..if..)
* Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan
* Hidup berdasarkan definisi
* Sulit bersosialisasi
* Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya
* Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang)
* Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian)
* Memerlukan persetujuan

kalau PLEGMATIS:
KEKUATAN:
* Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh
* Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik
* Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana
* Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi)
* Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi
* Penengah masalah yg baik
* Cenderung berusaha menemukan cara termudah
* Baik di bawah tekanan
* Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan
* Rasa humor yg tajam
* Senang melihat dan mengawasi
* Berbelaskasihan dan peduli
* Mudah diajak rukun dan damai

KELEMAHAN:
* Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru
* Takut dan khawatir
* Menghindari konflik dan tanggung jawab
* Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar)
* Terlalu pemalu dan pendiam
* Humor kering dan mengejek (Sarkatis)
* Kurang berorientasi pada tujuan
* Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri
* Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat
* Tidak senang didesak-desak
* Menunda-nunda / menggantungkan masalah.

kalau SANGUINIS:
KEKUATAN:
* Suka bicara
* Secara fisik memegang pendengar, emosional dan demonstratif
* Antusias dan ekspresif
* Ceria dan penuh rasa ingin tahu
*   Hidup di masa sekarang
*   Mudah berubah (banyak kegiatan / keinginan)
*   Berhati tulus dan kekanak-kanakan
*   Senang kumpul dan berkumpul (untuk bertemu dan bicara)
*   Umumnya hebat di permukaan
*   Mudah berteman dan menyukai orang lain
*   Senang dengan pujian dan ingin menjadi perhatian
*   Menyenangkan dan dicemburui orang lain
*   Mudah memaafkan (dan tidak menyimpan dendam)
*   Mengambil inisiatif/ menghindar dari hal-hal atau keadaan yang membosankan
*   Menyukai hal-hal yang spontan

KELEMAHAN:
* Suara dan tertawa yang keras (terlalu keras)
* Membesar-besarkan suatu hal / kejadian
* Susah untuk diam
* Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain (suka nge-Gank)
* Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele
* RKP! (Rentang Konsentrasi Pendek)
* Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias)
* Mudah berubah-ubah
* Susah datang tepat waktu jam kantor
* Prioritas kegiatan kacau
* Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas
* Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya
* Egoistis
* Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama
* Konsentrasi ke "How to spend money" daripada "How to earn/save money".

				
DOCUMENT INFO
Categories:
Tags:
Stats:
views:9
posted:12/3/2012
language:
pages:16