Docstoc

Tips Usaha

Document Sample
Tips Usaha Powered By Docstoc
					Tips Memulai Usaha Makanan




Pinter masak nggak jaminan buat sobat bakal sukses dalam usaha bisnis makanan. Soalnya nih
sob, antara bikin makanan ama mengelola bisnis adalah dua hal yang berbeda. Tapi jika sobat
udah punya keahlian memasak dan mampu memproduksinya dalam jumlah banyak, itu udah
modal yang cukup untuk memulai usaha atau bisnis di bidang makanan. Tinggal sobat
memahami dan mengetahui bagaimana cara memulai bisnismu sob.
So, nggak perlu lama-lama ngomongnya, karena waktu adalah uang, makin cepat makin baik,
berikut kita unjukin beberapa tips dan triks buat sobat dalam memulai sebuah usaha di bidang
makanan.

   1. Rajin-rajin melakukan percobaan untuk mengetahui kualitas dan rasa dari makanan
      yang sobat bikin. Bagiin sampel makanan yang sobat bikin tadi ke teman-teman
      terdekat, terus tanyain Gimana pendapat mereka soal makanan hasil karya sobat tadi.
      Nah barulah Setelah itu sobat perbaiki produk makanan sobat sesuai ama keinginan
      mereka.
   2. Biar memiliki segmen, sobat harus bisa memperbaharui dari segi resep, penampilan
      atau cara penyajiannya sob, soalnya kalau cumin gitu-gitu aja atau monoton, orang-
      orang bisa bosen. Kalo udah begini, bukannya makin berkembang, justru lama-kelamaan
      bisa makin suram bisnis yang sobat rintis dengan susah payah.
   3. Penting juga untuk mikirin soal outlet penjualan. Apakah sobat mo jualan di toko atau
      mo kerjasama ama temen, semisal nih sob, jika sobat pinter atau pengen bikin usaha
      kue pengantin, sobat bisa bekerjasama ama pihak wedding organizer.
   4. Kerjasama ama beberapa pengusaha kantin juga perlu dilancarkan sob, jadi sobat bisa
      menjadi penyuplai makanan setiap hari ke kantin tersebut. Nah, kalo untuk hal ini, sobat
      kudu merhatiin bagaimana sistem pengantarannya, karena ini juga berkaitan ama biaya
      transportasi sob.
   5. Perbaharui tehnologi yang sobat pakai untuk mengolah produk makananmu sob,
      pikirkan juga apakah produk yang sobat bikin perlu menggunakan ruangan khusus untuk
      mempersiapkannya, atau ruangan khusus untuk menyimpan bahan bakunya.
6. Kalo yang usahanya baru mulai, sebaiknya sobat lebih mengurangi pengeluaran untuk
   investasi tehnologi produksi. Sederhananya, sobat bisa kerjasama ama pihak lain untuk
   menyuplai bahan baku produk jualanmu sob.
7. Sobat kudu yakin bahwa produk hasil buatanmu bakal mendatangkan profit yang
   menguntungkan sob, jika perlu sobat menguji produk hasil karyamu pada pihak yang
   berkompeten untuk memastikan keamanan produk buatanmu agar nanti nggak ada
   masalah di kemudian harinya.
8. Jika produk jualanmu sejenis makanan ringan sob, cobalah menggunakan kemasan yang
   menarik agar memberikan nilai lebih pada produk jualanmu sob. Selain itu, kemasan
   bisa meningkatkan image produk dari calon pembeli. Kemasannya bisa dari plastik atau
   kertas, yang penting dibuat semenarik mungkin sob.
9. Nah, ini soal yang terakhir, yang paling ditakutin pebisnis pemula. Hal ini Biasanya jadi
   Permasalahan yang serius dalam ngejalanin sebuah usaha, apa itu?, “Ketakutan Pada
   Diri Sendiri”. Yah Pikiran, Pikiran takut produk jualanmu nggak laku, atau takut nantinya
   dapat keluhan dari konsumen atau hal yang lain. Untuk itu, sobat perlu siapkan mental
   dan teguh memegang prinsip. Usaha yang berhasil hanya dapat dicapai melalui proses
   yang penuh hambatan sob !

				
DOCUMENT INFO
Categories:
Tags:
Stats:
views:12
posted:11/23/2012
language:
pages:3