Docstoc

Content Is King

Document Sample
Content Is King Powered By Docstoc
					Content Is King
Kategori : Contents Tags: How To, Konten , Pada 21 Jun 2009 oleh japestinho

Content Is King Konten adalah Raja. Apakah maksud dari 3 kata tersebut? Yap dalam dunia blogging konten memang menjadi hal utama untuk mendapatkan pembaca yang setia. Artinya informasi dalam blog atau website adalah kontennya sendiri. Karena salah satu kekuatan internet terletak dari informasinya. Tentunya orang-orang akan mencari informasi yang berguna bagi dirinya. Secara umum, semakin banyak konten yang lebih berguna dan menarik maka semakin besar kesempatan untuk lebih sukses bagi blog atau website tersebut. Ini karena para pembacanya akan mengunjungi dan mengunjungi kembali. Khususnya jika blog atau website tersebut menambahkan konten yang lebih banyak seperti artikel, tutorial, berita, opini dan apa saja bentuknya secara konstan. Sehingga para pembacanya selalu mengetahui kapan informasi yang mereka butuhkan diterbitkan oleh blog tersebut. Untuk itu mungkin anda juga perlu menguasai teknik penulisan yang bagus. Nantinya pasti akan berguna untuk meningkatkan kualitas tulisan anda yang pada ujungnya akan menarik pembaca yang lebih banyak. Lalu bagaimana bagi para new blogger yang mungkin belum bisa menghasilkan tulisan yang bagus dan menarik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menulis yang terpenting adalah orisinalitas yang anda miliki. Banyak hal luar biasa yang dimulai dari hal biasa yang terus diulang-ulang. Analoginya untuk yang baru memulai blogging tulislah yang bisa anda tulis dan lakukan secara berulang-ulang dan akhirnya pasti anda bisa membuat tulisan yang bagus. Beberapa jenis konten yang mungkin bisa anda buat untuk tulisan anda agar memiliki target pembaca yang lebih khusus:
    

Berita baru seperti Techcrunch, Perez Hilton, atau Daily Social. Tips dan Tutorial seperti Problogger Opini Pribadi seperti Navinot Podcasting seperti NotSoGeeky dan masih banyak jenis lainnya.

Apakah Konten Saja Cukup?
Tentu saja tidak. Konten yang bagus tentu sangat berdampak paling besar bagi sebuah blog atau website. Tetapi tidak itu saja yang dibutuhkan untuk blog anda. Banyak yang menyebutkan bahwa Design is Queen dan ada juga versi lain yang berpendapat Linking Is Queen. Menurut saya keduanya memang benar dan mungkin dapat saya tambahkan dengan beberapa teknik optimisasi untuk search engine. Namun kembali lagi ke awal, buatlah blog anda menjadi original agar pembaca dapat mengetahui bagaimana kepriadian si penulis. Yang pertama disain. Terkadang orang juga akan lebih melirik blog yang terlihat lebih bagus tampilannya ketimbang melihat isinya dahulu. Memang mata manusia lebih suka hal-hal yang menarik perhatian Jadi disain juga perlu anda perhatikan untuk urusan blog anda. Terlebih lagi untuk urusan personal branding, blog yang anda disain sendiri akan lebih mengena dengan niche blog yang anda tulis. Yang kedua adalah link. Ini ada hubungannya dengan promosi yang anda lakukan untuk blog anda. Link akan menciptakan komunitas viral yang berefek bertambahnya jumlah pembaca blog anda. Jadi jangan ragu jika anda ingin memberi link yang berguna dalam tulisan anda. Selanjutnya anda juga perlu memperhatikan 3 hal berikut yang berguna untuk memperoleh pembaca yang banyak: 1. Melibatkan pembaca itu sendiri. 2. Meningkatkan peringkat mesin pencari dan traffic. 3. Mempromosikan link berkualitas yang memungkinkan dari situs lain.

Konten Menjadi Raja Yang Kuat Jika Kamu Promosikan
Satu aspek yang mungkin perlu anda perhatikan juga adalah promosi, baik itu promosi tulisan anda di berbagai media sosial seperti Twitter, Digg, StumbleUpon dan semacamnya maupun promosi blog anda sendiri dengan melakukan blogwalking dan komentar yang membangun pada blog-blog orang lain. Inilah yang nantinya akan membangun audience ataupun komunitas bagi blog anda. Semakin banyak anda membangun audience dan komunitas maka semakin banyak pembaca dan keuntungan yang anda peroleh. Sebagai contoh saya mengambil beberapa perbandingan. Copyblogger, O-Om.com dari Indonesia dan Zen-Habits. Masing-masing mempunyai pembaca yang jumlahnya tidak sedikit dan masing-masing mempunyai niche yang bagus. Copyblogger memberikan tips copywriting yang sangat berguna bagi para blogger. Dari sisi disain, tema yang digunakan sederhana tapi sangat berkesan. Ditambah kualitas tulisan yang bagus pula. Begitu juga dengan O-Om.com. Disain yang sangat personal branding menggunakan custom domain blogger dan tulisan yang informatif. Contoh yang lain adalah Zen-Habits. Dari sisi desain blognya sangat sederhana dan simple sekali. Tetapi dari isi blog dan kredibilitas penulisnya sangat cocok dijadikan sebagai salah satu rujukan untuk para blogger.

Jadi, ketika anda sudah memulai blog anda maka pikirkanlah bagaimana membuat konten yang baik dan menarik bagi pembaca anda. Karena blog tanpa konten yang baik dan menarik lambat laun akan kehilangan para pembacanya. Happy Blogging! PS: Jika anda mempunya opini yang berbeda, silakan berikan opini anda melalui kolom komentar kami.


				
DOCUMENT INFO