Docstoc

Contoh Laporan Kerja Di industri

Document Sample
Contoh Laporan Kerja Di industri Powered By Docstoc
					PT. DENSO INDONESIA
Jl. Kalimantan Blok E 1-2 Kawasan Industri MM 2100 Cibitung - Bekasi 17520 Phone : (021) 898 0303 Fax : (021) 898 0605 West Java - Indonesia

BUKU LAPORAN

SMK Karya Nusantara PENDIDIKAN SISTEM GANDA / PERAKTEK KERJA INDUSRTI ( PRAKERIN ) PADA DUNIA USAHA / DUNIA INDUSTRI DISUSUN OLEH : Nama Nomor Induk Siswa Bidang Keahlian : Ridho Fachrurozi : 0708 1000 93 : Elektro Industri

KATA PENGANTAR Dengan Mengucapkan Syukur ke hadirat Allah swt yang Maha Esa, karena atas Rahmat dan Ridho - Nya Sehingga saya dapat menyelesaikan praktek kerja lapangan pada PT. Denso Indonesia Corperation. Dengan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang saya miliki, saya menyadari bahwa dalam penulisan Laporan ini masih jauh dari sempurna oleh karna itu kritik dan saran yang dapat membangun dan dapat memperbaiki kesalahan di masa yang akan datang sangat saya harapkan. Ucapan terimakasaih saya sampaikan kepada semua rekan – rekan saya yang telah membantu menyelesaikan Laporan Kerja ini. Adapun ucapan terimakasih saya sampaikan kepada yang terhormat :    Bapak kepala sekolah SMK Karya Nusantara yang telah memberikan bimbingan kepada saya dalam melaksanakan proses praktek kerja lapangan industri ini. Bapak pimpinan perusahaan PT. Denso Indonesia Corperation yang telah emberikan saya kesempatan peraktek kerja lapangan di perusahaan nya. Bapak pembimbing praktek dalam perusahaan PT. Denso Indonesia Corperation yang telah setia meberikan motivasi dan semangat dalam bekerja.

Akhirkata saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik moril dan material, semoga laporan praktik kerja industri ini dapat bermanfaat bagi rekan – rekan di masa yang akan datang, “ Selalu lah jujur dalam setiap kegiatan ” Terimakasih.

Bekasi, .. 31 Agustus ..2009 Penulis

Ridho Fachrurozi

LEMBAR PENGESAHAN Laporan kegiatan pendidikan sistem ganda ( PSG ) ini telah diteliti dan disahkan oleh pihak PT. Denso Indonesia Corperation. Pada Hari Tanggal Bulan Tahun PESERTA PSG Ridho Fachrurozi : : : : …………….. …………….. …………….. ……………..

Laporan Kegiatan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ) ini ditulis memenuhi salah satu syarat persaratan dalam mengikuti Uji Kopetensi dan Akhir Nasional ( UAN ).

Guru Pembimbing Sekolah SMK Karya Nusantara

Pembimbing Industri PT. DENSO INDONESIA

…………………………….

………………………………………

Peserta SPG SMK Karya Nusantara

Direktur / Pimpinan PT. DENSO INDONESIA

Ridho Fachrurozi …………………………….

……………………………………..

DAFTAR ISI Halaman Cover Depan ………………………………………………………………………………………… i Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………………….. ii Lembar Pengesahan …………………………………………………………………………………………… iii Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………………. iv BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang 1.2 Tujuan 1.3 Bidang Pekerjaan BAB II PROSES PEMBAKARAN BAHAN BAKAR DAN SISTEM PENDINGINAN MESIN 2.1 Pendinginan dengan udra 2.2 Pendinginan dengan air BAB III SISTEM SIRKULASI AIR PENDINGIN MESIN 3.1 Sirkulasi Pendek 3.2 Sirkulasi Panjang BAB IV SISTEM RADIATOR 4.1 Fungsi Radiator 4.2 Bagian-bagian Radiator dan fungsinya 4.3 Cap Assy 4.4 Fungsi Water Pump 4.5 Thermostat 4.6 Fungsi Reverse Tank BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan 5.2 Saran – saran LAMPIRAN

BAB I PENDAHUALUAN

1.1 Latar Belakang

Pada waktu dahulu sebelum berkembangannya ilmu pengtahuan dan teknologi manusia jika memindahkan barang pasti menggunkan kedua tanganya atau bantuan binatang untuk mengangkutnya. Hal itu akan terasa sulit jiaka barang yang akan kita pindah kan memiliki masa yang berat di tambah jarak yang akan kita tempuh lumanyan jauh,begitu juga seballiknya. Apabila hal ini terjadi dalam sutau industri maka akan banyak menimbulkan banyak kerugian baik dalam waktu dan energi. Namun dengan seiring nya waktu yang menjadiakn perkembangan dunia teknologi yang lebih modern, maka bermunculan banyak alat yang dapat membantu proses kerja manusia dalam kerjanya.Sehingga waktu yang diperlukan pun lebih efektif dan menghemat energi.Hal ini sangat perlu sekali dalam dunia industri karena dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam suatu perusahaan. Karena dengan adanya efisiensi yang baik dalam perusahaan maka akan meningkatkan produktifitas dalam berkerja. Dengan adanya alat – alat yang membantu keraja manusia dalam idustri seperi pemindah barang tadi, maka suatu proses kerja dalam industri akan berjalan lancar , cepat serta menghemat energi.Dengan adanya alat – alat bantu manusia dalam industry maka hasil ( Produk ) yang akan di hasilkan paun akan sesuai dengan apa yang di harapkan, karena mutu yang berkualitas, baik serta diterima masyarakat adalah harapan semua perusahaan. Oleh karena itu saya sebagai penulis melakukan pengamatan ( Observasi ) terhadap alat – alat bantu yang di gunakan untuk membantu kehidupan manusia yang dilakukan oleh suatu benda atau alat – alat pembantu. Yang berkesempatan saya lakukan di sebuah perusahaan PT. Denso Indonesia Corperation, yang beralamat di Jl. Kalimantan Blok E 1-2 Kawasan industry MM 2100, Cibitung – Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

1.2 Tujuan dan Manfaat Prektik Kerja

 Tujuan   Pelaksanaan praktek kerja industri bagi para siswa SMK Karya Nusantara khusus nya merupakan salah satu syrat untuk menyelesaikan program studi belajar. Untuk mempelajari tenetng alat – alat bantu dan system produksi pada sebuah perusahaan yaitu Departemen TIE Pabrik Bekasi, PT. Denso Indonesia Corperation.

 Manfaat  Menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman dalam kerja. Sehingga hal ini siswa dalam pembelejaran di sekolah tidak hanya memahami sebuah teori saja, namun dapat mengetahui dan memahami seluk beluk dalam kerja di sebuah perusahaan, sehingga dalam masa yang akan datang di saat siswa sudah memasuki dunia kerja tidak mengalami keraguan maupun merasa tidak percaya diri. Dengan demikian diharapkan dari hasil praktek kerja industri ini siswa dapat pengalaman kerja yang baik.

1.3 Bidang Pekerjaan Bidang pekerjaan yang di laksanakan di sesuaikan dengan kebutuhan industri dalam praktik kerja ini siswa di tuntut agar dapat mengetahhui pembuatan alat – alat dan system produksi dalam suatu perusahaan.

BAB II PROSES PEMBAKARAN BAHAN BAKAR DAN SISTEM PENDINGIN MESIN 2.1 Pendingin Dengan Udara Bagian mesin yang didinginkan berhubungan langsung dengan udara luar. Sistem ini di sebut juga dengan system Pendingin Terbuka. Bagian luar silinder ruang bahan bakar biasaya dilengakapi dengan sirip – sirip ( fin ) pendingin. Kontruksi pada system ini relative sederhana sehingga banyak di pakai pada system pendingin roda dua ( motor ).

2.2 Pendingin Dengan Air Sistem ini menggunakan media air sebagai alat untuk mendinginkan mesin, dibandingkan dengan system pendingin angin ( Udara ) kontruksi pada system pendingin air ini lebih rumit namu banyak mempunyai ke untungan :     1. 2. 3. 4. 5. 6. Meredam getaran yang menyebabkan bising dari suara mesin. Hasil pendinginan lebih merata. Pengontrolan suhu pendinginan lebih mudah. Perawatan system ini lebih mudah. Water Jaket Radiator Water Pump Thermostat Fans Reseve Tank

Adapun komponen – komponen yang terdapat dalam kontruksi pendingin air ini adalah :

BAB III SISTEM SIRKULASI AIR DALAM PENDINGIN MESIN 3.1 Sirkulasi Pendek Sirkkulasi air terjadi melalui by pass tanpa dialirkan melalui radiator, hal ini terjadi jika suhu air dalam water jaket memiliki suhu 82 °C dengan demikian agarmencapai pada suhu kerja. 3.2 Sirkulasi Panjang Pada sirkulasi panjang ini air pendingin mesin yang sudah naik suhunya dia tas 95 °C akan di alirkan melaui radiator untuk di dinginkan. Bertujuan agar air pendingin yang ada dalam water jaket suhunya tidak menjadi tinggi sehingga menjaga agar mesin tetap tidak terlalu panas.

BAB IV RADIATOR 4.1 Fungsi Radiator Radiator dalam system pendinginan mesian berfungsi untuk melepasakan molekul panas air yang telah panas dari ruang baker. Suhu panas yang berada dalam blok mesin di serap oleh air yang berada dalam water jaket, kemudian air yang telah panas selanjutnya bersirkulasi kedalam radiator, air yang telah panas di dinginkan oleh fan (kipas).Kejadian in berlangsung pada saat kendaraan berjalan, air dalam water jaket telah panas, kemudian turun melalui celah celah pendingin radiator, air yang turun di dinginkan oleh angin, setelah dingin air tersebut di masukan kemabali dalam water jaket oleh pump. 4.2 Bagian – Bangiam Radiator dan Fungsinya Secara umum kompone radiator terdiri dari bagian – bangian sebagai berikut : a) Upper Tank dan Lower Tank Fungsinya untuk menampung air sebelum dan sesudah proses pendinginan. Tank juga berfungsi sebagai tempat dudukan pipa inlet, outlet, neck filler, seat cock, bracket, dll.

b) O – Ring Sebagai penyekat bocor agar air merembes melaui sambungan plate core dengan core.

c) Plate Core Untuk mengikat tube water dan fin cooling serta sebagai dudukan tank upper dan tank lower

d) Core Sub Assy Merupakan hasil assembling dari tube water , fin cooling, insert dan palte core. Berfungsi sebagai pelepas panas air agar dingin.

e) Plug Drain Cock Sebagai penyumbat dan untuk pembuangan air f) Cap Assy Selain sebagai tutup radiator cap assy juga berfungsi sebagai pengantur tekanan didalam radiator ( tekanan yang terjadi ketika terjadi kevakuman dalam radiator) Yang di lengkapi denngan pressurevalvedan vacuum valve ( tutup fleksible yang terdapat dalam tutup radiator ).

Cara Kerja Tutup Radiator   Saat tekanan didalam radiator lebih besar 0,9 kg/cm2 dengan tekan udara luar , valve pressure akan terbuka , sehingga air radiator akan mengalir ke reserve tank. Saat terjadi kevacuman di dalam radiator , makn vacuum valve pada tutup radiator akan terbuka, disebabkan tekan dalam reserve tank , sehingga air dari reserve tank akan mengalir ke dalam radiator.

4.4 Fungsi Water Pump Water pump berfungsi untuk mengsirkulasikan air pendingin mesin ( mempompa air sehingga bisa bersirkulasi dalam water jaket ). Water pump digerakan secara mekanis oleh ware pump pulley yang diputar oleh crankfat dengan perantara sebuah belt.

4.5 Thermostat Fungsi thermostat adalah untuk mengatur aliran sirkulasi air pendingin mesian untuk mempertahankna temperature mesin agar sesuai dengan temperature kerjanya. Cara Kerja Thermostat  Saat suhu air pendingin kurang dari 82 °C.Thermostat aqkan tertutup sehingga air pendingin mesin dialirkan tanpa melalui radiator dengan cara membypass nya , hal ini di lakukan agar suhu mesin cepat mencapai temperature kerja nya..

Pada saat terbuka Gambar 1 

Pada saat tertutup Gambar 2

Saat suhu air pendingin mesin lebih dari 95°C , Thermostat akan terbuka sehingga ir pendingin
mesin dialirkan melaui radiator hal ini bertujuan agar air pendingin mesin yang bersuhu tinggi tersebut dapat didinginkan.

4.6 Fungsi Reserve Tank Fungsi reserve tank adalah untuk menampung air pendingin mesin yang keluar dari radiator saat pressure valve terbuka akibat tekanan dan suhu air pendingin mesin didalam radiator tinggi.

BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan Dari pembahasan masalah praktik kerja pada perusahaan ini maka dapat saya simpulkan sebagai berikut :  Pengontrolan yang dilakukan secra terus – menerus agar menghasilkan kualiatas barang yang baik.  Perencanaan dan pengendalian produksi dilakukan dengan baik didukung dengan administrasi dan menejemen yang baik dan telah dilakukan secara komputerisasi  Perhitungan manufacturing Cost lebih akurat dan mendetail karena ditunjang oleh dokumen – dokumen penting sebagai dt untuk input ke computer.  Sistem kerja yang baik serta disiplin. 5.2 Saran – Saran  Pengontrolan data pesanan dan waktu pengontrolan schedule harus lebih cermat agar tidak terjadi penumpukan waktu proses.

By : Dede Mulyadi


				
DOCUMENT INFO
Shared By:
Categories:
Stats:
views:41223
posted:10/13/2009
language:Indonesian
pages:13