Your Federal Quarterly Tax Payments are due April 15th Get Help Now >>

Tarian Daerah Papua - Yospan (Yosim dan Pancar) asteryospaners by Sevtiandy_Muhammad

VIEWS: 1,438 PAGES: 2

Tarian Daerah Papua - Yospan (Yosim dan Pancar) ASteryospaners

More Info
									Yospan adalah singkatan dari Yosim dan Pancar, yang merupakan dua tarian berbeda yang akhirnya
dipadu menjadi satu. Tarian gaul ini berasal dari dua daerah di Papua, yakni Biak-Numfor dan Yapen-
Waropen. Tari Yospan memiliki dua regu pemain yaitu Regu Musisi dan Penari. Penari Yospan lebih dari
satu orang dengan gerakan dasar yang penuh semangat, dinamik dan menarik. Beberapa jenis
gerakannya yang terkenal seperti Pancar gas, Gale-gale, Jef, Pacul Tiga, Seka dan lain-lain.

Keunikan dari tarian ini adalah pakaian, aksesoris, dan alat musiknya. Warna dan jenis pakaian yang
digunakan masing-masing Grup Seni tari /sanggar seni Yospan berbeda-beda, namun ciri khas Papua
untuk aksesoris hampir sama. Yospan menggunakan gabungan dari alat musik tradisional dan modern
seperti Gitar, Ukulele (Juk), Tifa dan Bass Akustik (stem bass). Dengan keunikan dari alat musik yang
beraneka ragam inilah, yospan menjadi tarian yang mudah dipelajari dan sangat universal karena alat
musiknya yg sederhana. Irama dan lagu Tari Yospan secara khusus sangat membangkitkan kekuatan
untuk tarian.

Di daerah asalnya, Yospan dibawakan pada acara-acara adat, pernikahan, pesta. Para penari biasanya
membentuk lingkaran dan berjalan berkeliling sambil menari, diiringi oleh musisi yang memadukan tifa,
gitar, ukulele, dan instrumen lainnya. Tidak ada batas dalam Yospan, tarian ini bagai tidak berakhir dan
siapa saja boleh ikut masuk dalam lingkaran dan bisa langsung bergerak mengikuti penari lain. Tak
jarang bahkan ibu-ibu yang masih menggendong anaknya turut larut dalam Yospan.

Tarian yospan sekarang ini sudah banyak dijadikan kegiatan ekstrakulikuler di beberapa SMA di Jakarta.
ASP (Asosiasi Seni dan Pertunjukan) merupakan suatu organisasi yang menyelengarakan salah satu
program pelestarian budaya Indonesia untuk disebarkan ke beberapa sekolah-sekolah di Indonesia.
Pada tahun 2007, SMA 90 Jakarta menjadi salah satu target program ASP ini dan Yospan menjadi tarian
daerah yang akan dikenalkan di sekolah ini dan lahirlah Asteryospaners.

Asteryospaners adalah nama grup tari Yospan di SMA 90. Para siswa siswi SMA 90 inilah yang turut serta
dalam melestarikan salah satu budaya Indonesia. Saat pertama kali dibentuk, Asteryospaners dilatih
oleh 4-5 pelatih yang merupakan anggota ASP. Tapi saat ini tinggal 2 pelatih yang masih aktif melatih
kami, yaitu ka Hengky dan ka Etty.

Gw menjadi salah satu anggota angkatan pertama di Asteryospaners. Sebenernya gw gabung ke ekskul
ini karena terpaksa (disuruh bu Maul, yang tak lain adalah pembimbing pertama ekskul ini). Saat itu bu
Maul sedang mencari anak-anak 90 yang bisa diajakin untuk gabung ke grup tari yospan ini. Akhirnya
gw, oji, dan titto pun menjadi sasaran pertama bu Maul. Dan dimulailah perjalanan gw di grup tari ini.

Posisi pertama yang gw pilih saat itu adalah menjadi pemain ukulele. Sayangnya, gw yang tidak bisa
bermain gitar ini harus memainkan ukulele dengan kaku dan kurang dinamis (bahkan sampai saat ini).
Setelah lama bermain ukulele, akhirnya ka Hengky nyuruh gw untuk coba mainin Bass "Betot". Namun
sayang, setelah belajar nada dasarnya, jari tangan gw ga kuat dan harus ganti kulit setiap kali main bass
ini. Kemudian, gw disuruh untuk jadi pemain tifa, tapi setelah belajar ketukan dasarnya, gw ga bisa
bertahan untuk jadi pemain tifa karena ketukan gw yang ga stabil. Bagaimana dengan bermain gitar?!
Tidak, terima kasih (hahaha...)
Uniknya di asteryospaners itu kalo latihan rutin, rasio antara latihan dengan istirahat (baca: kongkow)
berbanding 1:5. Yup, disini kita emang paling demen yang namanya kongkow. Apa aja dijadiin bahan
becandaan dan sering lupa waktu kalo kita lagi ngumpul.

Awalnya gw ga nyangka kalo ekskul ini bakalan bertahan lama, tapi kini sudah hampir 5 tahun gw
bersama Asteryospaners, banyak banget yang udah gw jalani bareng temen-temen asteryospaners.
Lucu, sedih, marah, bahkan jatuh cinta. Jatuh cinta? ups..jangan salah, di Asteryospaners-lah gw bisa
ketemu pujaan hati gw (curcol). Tapi yang pasti orang-orang di Asteryospaners itu asik-asik dah. Namun
sayang, akhir-akhir ini asteryospaners sudah mulai jarang kumpul-kumpul. Ya gw sih berharap bisa
ngerasain kembali masa-masa indah bersama asteryospaners seperti saat dulu.

   FESTIVAL ASP @GBB (5 MEI 2007)
   FESTIVAL ASP @PLASA SENAYAN (11 AGUSTUS 2007)
   FESTIVAL ASP @KELAPA GADING (18 AGUSTUS 2007)
   EXPO 1 @SMAN 90 (?)
   IDOL HI 5 @SMAN 90 (6 MEI 2008)
   POPA @SMAN 90 (28 JUNI 2008)
   EXPO 2 @SMAN 90 (24 JULI 2008)
   FESTIVAL ASP@PLASA SENAYAN (17 AGUSTUS 2008)
   HAI SCULIZM @SMASN 90 (3 MARET 2009)
   KARBARET MERAH PUTIH @TVRI (14 MARET 2009)
   HARDIKNAS @SUDIRMAN STREET (3 MEI 2009)
   PETASAN @SMAN 90 (23 MEI 2009)
   EXPO 3 @SMAN 90 (23 JULI 2009)
   KOMPETESI PELAJAR @PEJATEN VILLAGE (13 AGUSTUS 2009)
   KOMPETESI PELAJAR @BINA BANGSA SCHOOL (14 AGUSTUS 2009 )
   FESTIVAL FSAP @PLASA SENAYAN (15 AGUSTUS 2009)
   KOMPETISI PELAJAR @PASAR FESTIVAL (19 NOVEMBER 2009)
   DAHSYAT RCTI @SMAN 90 (24 NOVEMBER 2009)
   GREENFEST @PARKIT SENAYAN (6 DESEMBER 2009)
   PERTUNJUKAN SENI KEBUDAYAAN @SMPN 177 (16 DESEMBER 2009)
   NINETY PASKIBRA COMPETITION (NPC) @ SMAN 90 (20 FEBRUARI 2010)
   BEAT 1st JAMBORE NASIONAL @PARKIT SENAYAN (27 FEBRUARI 2010)
   MALAM ANUGERAH TEATER AMOEBA @UNIVERSITAS MERCUBUANA (1 MEI 2010)
   FESTIVAL KEBUDAYAAN @UNIVERSITAS ATMAJAYA (9 JUNI 2010)
   FESTIVAL SENI DAN KEBUDAYAAN@KEMANG (17 JULI 2010)
   EXPO 4 @SMAN 90 (27 JULI 2010)
   TURNAMEN FUTSAL @UNIVERSITAS BUDI LUHUR (8 NOVEMBER 2010)
   HYSTERIC @TAMAN MINI INDONESIA INDAH (20 NOVEMBER 2010)
   ???? @HOTEL SARI PAN PASIFIC (22 NOVEMBER 2010)
   NINETY PASKIBRA COMPETITION (NPC) @ SMAN 90 (19 FEBRUARI 2011)
   GREEN SAND @SMAN 90 (14 MARET 2011)
   DAHSYAT RCTI @SMAN 90 (12 APRIL 2011)
   MALAM ANUGERAH TEATER AMOEBA @UNIVERSITAS MERCUBUANA (30 APRIL 2011)
   LOMBA TARI TRADISIONAL, MODERN DANCE @BLOK M PLASA (22 JUNI [Penyisihan] & 26 JUNI 2011
   [FINAL] )

								
To top